Sabtu, 03 November 2018

STRATEGI PEMASARAN


Hallo Teman !
Blog kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara saya melakukan strategi pemasaran yang baik untuk produk yang akan saya buat. Produk yang akan saya buat yaitu Brownies Beku Stick.

Apa itu Brownies Beku Stick ?
Brownies adalah cake coklat yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Brownies pada umunya diproses dengan cara di oven atau di kukus. Namun kali ini, saya menawarkan cara baru dan unik untuk menikmati kue brownies yaitu dinikmati dalam keadaan dingin.


MANDA’S FROZEN BROWNIES
Brownies ini memiliki sensasi berbeda, karena tidak seperti biasanya, kue brownies ini disajikan dalam keadaan beku dan dinikmati dingin ketika baru keluar dari freezer. Kelebihan brownies beku stick ini akan memiliki tekstur yang kenyal dan legit ketika dinikmati dalam keadaan beku atau dingin. Anda akan merasakan 3 sensasi sekaligus dalam tiap gigitannya.
1.      Sensasi tekstur padat brownies
2.      Sensasi rasa dark chocolate
3.      Sensasi dingin layaknya seperti ice cream

Menu – menu Manda’s frozen brownies, dibuat dari bahan-bahan pilihan dan Halal. Saat ini Manda’s Frozen Brownies hadir dengan aneka pilihan rasa yang bisa anda nikmati, ada 5 varian :
1.      Premium Choco
2.      Banana Cheese
3.      Durian Choco
4.      Cashew Nut
5.      Peanut Butter

STRATEGI PEMASARAN
    Strategi Pemasaran adalah upaya memasarkan sebuah produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.
    Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karna berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa. Ada tiga faktor penentu nilai barang dan jasa, yaitu :
1.      Produksi
2.      Pemasaran
3.      Konsumsi

Fungsi Strategi Pemasaran
1)     Meningkatkan Motivasi Untuk Melihat Masa Depan
2)     Koordinasi Pemasaran Yang Lebih Efektif
3)     Merumuskan Tujuan Perusahaan
4)     Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Tujuan Strategi Pemasaran
·        Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran
·        Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan
·        Sebagai dasar logis dalam mengambil keputusan pemasaran
·        Untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran

Konsep Strategi Pemasaran
Kepuasan pelanggan adalah kunci utama dari konsep pemasaran dan strategi pemasaran. Dengan kata lain, setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam melakukan proses marketing, sesuai karakteristik dan kesanggupan masing-masing. Ada 5 Konsep Strategi Pemasaran, yaitu :
1)     Segmentasi Pasar => Perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.
2)     Marketing Positioning => Perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar
3)     Market Entry Strategy => Strategi untuk bisa masuk pada segmen pasar tertentu dengan cara 
·        Membeli Perusahaan Lain
·        Internal Development
·        Kerjasama Dengan Perusahaan Lain
4)     Marketing Mix Strategy => Kumpulan beberapa variabel yang digunakan perusahaan untuk tanggapan konsumen. Beberapa variabel tersebut diantaranya :
·        Product
·        Price
·        Place
·        Promotion
·        Participant
·        Process
·        People Physical Evidence
5)     Timing Strategy => Pemilihan waktu dalam melakukan pemasaran

Contoh Strategi Pemasaran
1.      Partnership => Berkolaborasi dengan pihak lain, strategi ini dinilai murah dan lebih berpeluang sukses
2.      Bekerjasama dengan Influencer => Mempromosikan produk, memberikan pengaruh pada tingkat penjualan dan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat
3.      Melibatkan Karyawan => Membuat iklan lucu yang melibatkan karyawan
4.      Menjaga Pelanggan Lama => Dengan cara memberikan bonus kecil khusus untuk pelanggan lama

Cara saya dalam melakukan Strategi Pemasaran diantaranya, untuk sistem pemasaran diperlukan adanya :
1.      Manajemen Pemasaran, yakni yang bertugas :
1)     Mengimplementasikan strategi pemasaran
2)     Mengatur kegiatan sales
3)     Melakukan promosi
4)     Menjaga hubungan baik dengan konsumen
2.      Diperlukannya Analisis dalam Pemasaran, yaitu produk yang saya jual adalah brownies beku  stick. Makanan ringan yang praktis bisa dibawa kemana saja dan kapan saja. Tentunya banyak varian topping yang akan menemani dinginnya brownies ini sehingga rasa yang dihasilkan tidak monoton. Harga yang saya jual Rp. 8000/pack dan Rp.50.000/10packs.
3.      Langkah selanjutnya menentukan Analisis SWOT
1)     Strenght
a)      Persaingan yang masih sedikit dalam pasar
b)     Segmentasi pasar yang luas
c)      Konsep produk yang unik
d)     Manfaat khas dari cokelat (brownies)
2)     Weakness
a)      Kekurang-kenalan masyarakat terhadap brownies beku stick
b)     Keterbatasan supplier bahan baku
c)      Kurangnya pengalaman
3)     Opportunity
a)      Melestarikan brownies unik ini dalam masyarakat
b)     Menjadi primadona dalam bisnis makanan kue
c)      Mengembangkan bisnis dalam bentuk franchise
4)     Threat
a)      Potensi munculnya bisnis baru yang sama
b)     Potensi berkembangnya bisnis yang sama yang sudah ada

Strategi Pemasaran
Dalam mengusahakan agar produk sampai ke tangan konsumen, saya menyusun strategi pemasaran sebagai berikut :
1.      Membuat dan membuka stand yang eye catching
2.      Menyebarkan pamflet, brosur dll
3.      Mengiklankan produk di sosial media
4.      Promosi pada waktu pembukaan dengan membagikan brownies secara gratis kepada pengunjung

Apalagi sih yang berbeda? Manda’s Frozen Brownies, dikemas dan disajikan berbeda yaitu dengan menggunakan stick sehingga memudahkan anda menikmatinya. Ambil brownies anda, buka bungkusnya, pegang sticknya dan anda bisa langsung menikmati sensasi unik brownies beku stick ini.

Tunggu apalagi, sekarang giliran anda yang merasakan sensasi unik Manda’s Frozen Brownies ....!  

Kontak :
Telp/ Sms/ WA : 081223456677
Line    : @mandabrownies12
Instagram  : mandabrownies_


Referensi 
https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-strategi-pemasaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar