Minggu, 17 Maret 2019

Pengalaman Matkul Bahasa Inggris


Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
       Hallo teman, diblog kali ini saya akan berbagi pengalaman kuliah  tepatnya di hari Sabtu, tanggal 16 Maret 2019. Dihari tersebut diawali dengan matakuliah yang pertama yaitu Bahasa Inggris, lalu dilanjutkan dengan matakuliah PKTI 2A & PKTI 2C. Saya akan menceritakan kegiatan belajar di matakuliah  Bahasa Inggris, diawali dengan dosen yang mengabsen siswa yang telah hadir.
Awal mulanya, kita disuruh membuat tabel nama-nama hari dan waktu. Setelah itu, diisntruksikan untuk bertanya ke tujuh teman yang berbeda sesuai dengan nama hari, kemudian kita bertanya apakah ada waktu kosong atau tidak dan membuat janji dengan teman sesuai dengan jumlah hari. Kita diwajibkan bertanya dan menjawab dengan menggunakan bahasa inggris. Setelah itu, dosen akan menyebutkan nama hari dan kita bertukar tempat duduk sesuai dengan nama teman yang membuat janji dengan kita. Kita akan berbicara sesuai dengan topik yang telah dipilih atau diinstruksikan oleh dosen. Ada saatnya kita berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris. Apabila menggunakan Bahasa Indonesia selama lima kali, akan diberi hukuman dan hukumannya adalah kita sekelas wajib membuat cerita dengan Bahasa Inggris minimal 3000 kata. Tetapi ada saatnya kita berbicara Bahasa indonesia sesuai instruksi yang diberikan oleh dosen. Hal itu yang membuat sensasi tersendiri saat kita belajar.
Pertama kali saya berpartner dengan Ivan, karena kita membuat janji di hari Rabu. Kita membicarakan aktivitas kita selama liburan dan kegiatan Ivan selama liburan adalah dirumah. Selanjutnya, di hari jumat saya berpartner dengan Dies, kita membicarakan mengenai film favorit dan film favorit Dies adalah Drama Kolosal Jang Ok Jung. Lalu, di hari Minggu saya berpartner dengan Andre. Kita membicarakan tentang tempat menarik, menurut Andre tempat menarik yang pernah dia kunjungi adalah menonton bioskop. Karena menurut Andre dengan menonton bisa menghilangkan stres. Setelah itu, kita di instruksikan oleh dosen dengan cara mencari di Wikipedia dalam Bahasa Ingrris sesuai dengan kampung halamannya masing-masing. Kemudian, saya berpartner dengan Hani di hari Selasa. Lalu, saya bercerita tentang kota Cirebon dengan Hani, begitu juga sebaliknya Hani menceritakan tentang kampung halamannya di Madiun dengan saya.
Perasaan saya belajar dengan metode baru seperti ini sungguh sangat menarik dan menyenangkan. Dengan begitu kita akan terbiasa dan lebih terlatih berbica menggunakan Bahasa Inggris, menambah kosakata baru yang sebelumnya tidak saya pahami dan mengerti. Tentunya, kita menjadi lebih mengenal teman kita. Dimulai dari aktivitas selama liburan, film favorit, tempat menarik yang pernah dikunjungi dan menceritakan kampung halaman masing-masing. Tak lupa kita juga lebih mengetahui tentang sejarah dari kampung halaman kita sendiri.
Begitulah cerita saya teman-teman, mengenai kegiatan belajar Bahasa Inggris. Sekian yang dapat saya sampaikan dari cerita atau pengalaman saya selama berbicara menggunakan Bahasa Inggris, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.
Wassalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar