Minggu, 14 Oktober 2018

Ide Usaha Yang Menghasilkan

Assalammualaikum warohmatullahhi wabarokatuh, Hallo teman!
Diblog kali ini,saya akan membahas serangkaian ide bisnis saya. Sebagai Mahasiswa saya ingin mempunyai uang lebih,tentu pasti kalian ingin dong seperti saya? Nah mending kalian coba deh dari sekarang merintis salah satu usaha untuk bekal kalian di masa tua. Jangan bingung kalian mau usaha apa.Kalo Ayah kalian, om, kakek atau keluarga kalian deh yang punya peralatan untuk mencuci motor dari pada gakepake tuh alat-alat mending kalian gunakan untuk usaha kalian .Coba nih ide usaha saya, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan bisa kalian ikuti langkah-langkah saya.
1.  Bisnis/ Usaha       :  “STEAM SEPEDA MOTOR MANDA
2.  Langkah-langkah  : 
1.      Memanfaatkan lokasi rumah yang strategis sehingga tidak perlu menyewa tempat untuk usaha yang akan saya jalankan
2.      Selanjutnya menentukan Visi dan Misi usaha saya agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses
o   Visi : Menjadikan tempat ini sebagai tempat pencucian sepeda motor terbaik se-Jakarta dengan mengutamakan kesejahteraan dan kepuasan pelanggan.
o   Misi :
1)     Dapat mencuci sepeda motor anda lebih cepat
2)     Steam sepeda motor Manda juga menyediakan sabun tambahan bersifat seperti salju
3)     Bagian-bagian tersempit akan disikat dan dibersihkan semaksimal mungkin
4)     Menyediakan fasilitas wifi gratis bagi pelanggan
    3.   Setelah itu tentukanlah analisis SWOT
§  Strenghtness atau Keunggulan
1.      Menjadikan kendaraan anda lebih mengkilap/kinclong seperti baru
2.      Harga terjangkau
3.      Menyediakan fasilitas wifi gratis demi kenyamanan pelanggan
4.      Adanya garansi gratis pencucian apabila pelayanan pencucian dikerjakan lebih dari 20 menit
5.      Untuk awal usaha,saya akan memberikan diskon pada hari jumat
6.      Menyediakan tempat untuk menunggu yang nyaman
7.      Disediakan pula televisi untuk para pelanggan
8.      Demi kenyamanan pelanggan saya akan menyediakan beberapa majalah atau pun koran
§  Weakness atau Kelemahan
Terdapat beberapa bagian tersempit sepeda motor yang tidak dapat dijangkau atau tidak dapat dibersihkan
§  Opportunities atau Peluang
1.      Ingin membuka beberapa cabang baru
2.      Menggunakan alat-alat tertentu untuk membersihkan bagian kendaraan yang sulit dibersihkan
§  Threats atau Ancaman
Adanya persaingan yang ketat
          4.   Selanjutnya menentukan target sasaran
ü  Target sasaran untuk usaha saya yaitu masyarakat setempat
          5.    Mempromosikan usaha steam sepeda motor Manda
§  Karna adanya persaingan yang ketat,saya perlu mempromosikan usaha saya dengan cara membagikan brosur atau selembaran dipinggir jalan ataupun membagikan kerumah warga di sekitar lingkungan usaha saya, memasang spanduk,banner dan menempel poster ditempat-tempat yang cukup strategis.
          6.   Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan
1.      Shampoo atau sabun cuci khusus motor
2.      Spons atau kain microfiber
3.      Sikat
4.      Kompressor angin dan air gun
5.      Mesin jet cleaner
6.      Kanebo
7.      Kuas
8.      Lap
9.      Ember
10. Mesin salju + selang
11. Brosur, spanduk, banner dan poster
     7.   Terakhir menetukan target dari usaha yang akan saya jalankan
            Misalnya : Rp.8.000/hari
ü  Target sehari 40 sepeda motor
= Rp.8.000 × 40 sepeda motor × 30 hari
= Rp.9.600.000/bulan
3.    Proses mencuci sepeda motor :
1.      Sepeda motor akan disiram atau disemprot menggunakan air bersih melalui air gun dan kompressor secara merata mulai dari atas dan dilanjutkan ke bawah
2.      Siapkan air dalam ember dan masukkan shampoo atau sabun cuci khusus untuk sepeda motor
3.      Setelah itu cuci sepeda motor dari atas ke bawah atau dari depan ke belakang
4.      Gunakan spons untuk membersihkan noda kotor mulai dari kepala motor,lampu motor,tebeng motor,body motor,jok motor dan sepatbor motor
5.      Siapkan sikat yang bulunya tidak kaku dan bersihkan pada bagian yang kotor
6.      Lalu siram atau semprot dengan air bersih
7.      Setelah bersih,tambahkan kit motor agar sepeda motor terlihat bersih/kinclong
8.      Dan gunakan kanebo untuk mengeringkan
9.      Setelah selesai dikeringkan,sepeda motor anda siap dipakai dan dibawa pulang
Nah begitulah ide bisnis saya,dan langkah-langkah serta proses usaha yang mungkin bisa kalian ikuti dan semoga bisnis ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua,terimakasih.
Wassalammualaikum warahmatullahi wabarokatuh.


(Diupload tanggal 28 September 2018)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar